May 10, 2021 By themiragemablethorpe.com 0

Cara Efektif Menggunakan Situs Jaringan Sosial Seperti Facebook dan LinkedIn dalam Pencarian Kerja

Ingat, ketika kita membahas tentang ‘mencari pekerjaan melalui referensi pribadi’? Sekarang apa sebenarnya referensi itu?

Referensi adalah kata yang baik yang diberikan seseorang yang kita kenal untuk kita karena dia sudah tahu tentang kita dan sangat percaya bahwa kita bisa cocok untuk peran itu dalam organisasinya.

Sebelum munculnya media sosial, referensi hanya melalui kontak pribadi yang dikembangkan dari lingkaran pribadi seperti kerabat atau teman, atau bos masa lalu dengan siapa Anda berbagi hubungan baik atau kolega sebelumnya dengan siapa hubungan lebih bersahabat tetapi setelah internet mulai ramai dengan sosial situs jaringan seperti Facebook, LinkedIn, dan Twitter dll, ruang lingkup jaringan dan peluang untuk membuat jaringan berbasis pengetahuan telah sangat meluas.

Mari kita bahas jaringan paling penting yang tersedia.

LinkedIn – Jika Anda adalah profesional yang berorientasi pada karier progresif dan masih belum bergabung dengan LinkedIn, percayalah, memanfaatkan pbn ini adalah salah satu kesalahan terbesar yang pernah Anda buat. LinkedIn adalah situs web, yang saya anggap, sebagai jaringan yang dibuat benar-benar untuk alasan pengembangan profesional dan saya yakin Anda akan menyetujui pernyataan saya setelah Anda membuka situs web ini. Situs ini bagus tidak hanya untuk berburu pekerjaan tetapi juga untuk mencari profesional untuk tujuan perekrutan Anda.

Cara Membuat Jaringan

1. Pencarian Perusahaan: Anda mengetahui perusahaan-perusahaan yang ada di segmen industri Anda, jadi carilah mereka. Cari tahu siapa di perusahaan itu. Lihat, jika Anda tahu seseorang sudah ditautkan ke satu atau lebih orang yang bekerja di sana dan hanya itu – Perkenalkan diri Anda.

2. Pencarian Orang: Anda sudah mengenal seseorang yang bekerja dengan perusahaan tempat Anda ingin bergabung. Cari dia dan kemungkinan besar Anda akan menemukannya. Periksa jaringannya dan Anda pasti akan menemukan seseorang yang sudah Anda kenal. Sekali lagi – Perkenalkan diri Anda.

3. Posting Pekerjaan: Konsultan perekrutan serta departemen Sumber daya manusia perusahaan juga sudah mulai memposting lowongan pekerjaan di LinkedIn. Cari dan terapkan ke yang paling relevan.

4. Komunitas dan Kelompok Diskusi: Tempat untuk mendemonstrasikan keterampilan dan pengetahuan Anda di bidang Anda. Anda tidak pernah tahu siapa yang tertarik dengan masukan atau artikel Anda yang berhubungan dengan bidang Anda dan suatu hari Anda mungkin mendapat panggilan langsung untuk pekerjaan yang selalu Anda inginkan.

Manfaat khusus menggunakan LinkedIn

1. Ini adalah platform yang lebih tepat dan serius. Sementara Facebook lebih merupakan urusan pribadi, LinkedIn jauh lebih ditargetkan ke arah hubungan profesional.

2. Jaringan dapat melihat seluruh profil Anda dan Anda dapat menggunakannya seperti CV virtual.

3. Anda dapat menemukan orang-orang dalam industri yang dapat merekomendasikan atau mendukung Anda dan ini dengan mudah bekerja untuk keuntungan Anda karena memberikan cek referensi positif.

4. Setiap gerakan profesional dapat dipantau.

5. Anda dapat menemukan orang biasa di jaringan dan memperkenalkan diri melalui koneksi Anda yang memastikan penerimaan yang mudah dan nyaman.

Facebook: Facebook terutama digunakan untuk terhubung dengan orang-orang di lingkaran teman Anda, kerabat, atau orang yang sudah Anda kenal. Ini dianggap lebih pribadi daripada profesional atau publik. Tetap saja, ini dapat digunakan dengan berbagai cara untuk membuat jaringan.

Manfaat utamanya adalah:

1. Anda selalu dapat berbagi keterampilan, pemikiran, pengalaman, artikel blog Jasa Backlink PBN Premium Murah Berkualitas, Dofollow, Permanen, Rendah Spamscore (jika Anda memiliki blog) atau sekadar diskusi yang meningkatkan kepercayaan orang terhadap kemampuan Anda.

2. Mungkin ada banyak orang di lingkaran teman Anda yang bekerja di perusahaan lain dan mungkin ada di jaringan LinkedIn dari calon manajer perekrutan Anda. Ini menciptakan referensi yang mudah.

Twitter: Twitter adalah cara terbaik untuk terhubung dengan orang yang tidak Anda kenal dan tidak memiliki informasi tentangnya. Tweet secara teratur tentang subjek favorit Anda. Buat tautan silang dan berbagi dengan di tiga portal ini. Semakin banyak jumlah pengikut yang Anda miliki di twitter, semakin banyak orang yang percaya diri dengan pekerjaan Anda.

Tidak peduli media mana yang Anda pilih, semuanya sampai pada satu kesimpulan yaitu tujuan Anda, tujuan untuk menjangkau jaringan profesional yang lebih luas, mengembangkan kepercayaan orang lain pada kemampuan Anda dan mempercepat proses perekrutan.

Ada banyak situs web lain seperti Google+, MySpace dan Pinterest yang lagi-lagi memenuhi tujuan yang sama, namun saya telah membahas yang lebih menonjol dan menurut saya, LinkedIn paling cocok, namun aktivitas Facebook dan Twitter dapat mendukung hubungan LinkedIn secara besar-besaran. cara.

Tetapi seperti aktivitas lainnya, ini juga memiliki Anjuran dan Larangan tertentu .

Mengapa?

Hampir 30% pemberi kerja memeriksa situs jejaring sosial tentang calon kandidat dan jumlahnya meningkat 10% per kuartal, tetapi berapa banyak yang benar-benar membuat profil mereka dengan mengingat pemberi kerja? Nah, jangan melihat orang lain, lihat saja diri Anda sendiri.

Mengapa pemberi kerja memeriksa profil online para kandidat?

  • untuk memeriksa kecocokan budaya kandidat.
  • sikap terhadap pekerjaan, kehidupan, perusahaan saat ini, bos, dll.
  • foto yang menggambarkan kandidat dalam cahaya negatif.
  • hal, peristiwa, atau foto lain yang dapat menimbulkan tanda tanya pada budaya, perilaku, atau keterampilan sosial kandidat lainnya.

Ingatlah Anjuran dan Larangan berikut, jika Anda benar-benar ingin mencari pekerjaan melalui jejaring sosial.

Dos

Apakah menjaga profil Anda diperbarui

Do bergabung dengan komunitas dan kelompok yang relevan.

Do pastikan tidak ada perbedaan antara resume dan profil online seperti LinkedIn.

Lakukan Google nama Anda dan periksa apa lagi yang online tentang Anda dan hapus atau edit itu, kalau tidak Anda bisa menemukan diri Anda ditolak atau bahkan dipecat dari pekerjaan saat ini.

Apakah rencana jaringan Anda dan mulai membangun hubungan saat ini, bahkan jika Anda mungkin perlu besok.

Jangan membiarkan semua orang tahu, bahwa Anda mencari keluar. (tetapi hanya jika atasan Anda saat ini kurang percaya diri, kemungkinan untuk itu akan jarang terjadi)

Larangan

Jangan pernah berkomentar atau tweet negatif untuk perusahaan atau atasan Anda saat ini.

Jangan hanya bergabung dengan komunitas dan grup hanya demi bergabung, kontribusikan juga secara rutin.

Jangan menaruh gambar atau menggunakan bahasa apa pun yang dapat membuat Anda kesulitan.

Jangan lupa untuk memisahkan profil publik dan pribadi Anda.

Jangan berbohong tentang pencapaian apa pun karena akan dicek silang.

Tip Paling Penting: Saya pernah menghadiri sebuah seminar di mana presenter memberikan contoh yang sangat menggugah pikiran. Dia memberi contoh tentang dua macam orang.

Pemburu: yang berburu hari ini, memasak, makan, dan harus berburu lagi. Pendekatan jangka pendek.

Petani: yang bekerja keras hari ini, menabur benih, mengairi, bercocok tanam dan makan selama berbulan-bulan.

Jadi jadilah petani dalam hal situs jejaring sosial. Jangan berpikir apakah Anda membutuhkannya hari ini atau tidak karena ‘ Anda pasti akan membutuhkannya besok ‘. Apalagi referensi pribadi berasal dari kepercayaan yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang.

Semoga berhasil.

Baca Juga: Tipe Kendaraan yang Boleh Beroperasi Dikala Larangan Mudik